Laman

Jumat, 10 Juli 2015

Sungai Ini terletak Dibawah Laut Hitam


Sungai - Biasanya kita menemukan sungai di daratan kan tetapi sungai yang satu ini berbeda dari yang lain, sebab sungai ini terletak di bawah laut hitam
(aneh bukan).

Sungai ini ditemukan oleh ilmuan inggris yang bernama Dr Parsons serta rekan-rekannya, Sungai ini juga dinobatkan sebagai sungai terbesar keenam di dunia.

Para ilmuan dari Leeds University mengerahkan kapal selam robot "Natural Environmen Research Council's Autosub 3" subuah kendaraan air berbentuk torpedo sepanjang 7 meter, untuk meneliti dan memindai dasar laut hitam.

Sungai ini juga seperti sungai - sungai yang ada didaratan yang memiliki saluran, anak sungai, dataran banjir, aliran deras, dan bahkan ada air terjun.

Sungai ini Mbak miliki kedalaman 115 kaki dan mempunyai lebar lebih dari setengah mil, sungai ini mengalir di sekitar 6.4 km/jam dengan 22.000 meter kubik air melewati saluran setiap detik, 350 kali lebih besar daripada aliran Sungai Thames dan 10 kali lebih besar dari sungai terbesar di Eropa, Rhine.

Sungai yang belum diberinama ini berasal dari air asin yang mengalir melalui selat Bosphorus dari Mediterania ke laut hitam di mana air disana memiliki kandungan garam yang lebih rendah.

Dr Parsons dari University’s School of Earth and Environment , juga mengatakan:

“Air di saluran tersebut lebih padat daripada air laut di sekitarnya karena memiliki salinitas yang lebih tinggi dan membawa begitu banyak sedimen.”

“Aliran air ini mengalir turun menyusuri jalur didasar laut dan keluar ke dataran abyssal seperti sebuah sungai didarat pada umumnya. Dataran abyssal laut kita seperti gurun pasir di dunia laut, saluran ini dapat memberikan nutrisi dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kehidupan di atas padang pasir ini.”

“Ini berarti mereka bisa menjadi sangat penting, seperti pembuluh arteri memberikan hidup ke laut dalam.”

“Perbedaan utama yang kami temukan dari sungai darat adalah bahwa ketika aliran memasuki belokan, spiral air terbentuk dengan cara yang berlawanan arahnya dengan sungai-sungai di darat.”

Selain itu Para ilmuwan telah lama menduga bahwa keberadaan sungai dasar laut sangat masuk akal, setelah pemindai sonar mengungkapkan adanya saluran berkelok-kelok di banyak lautan di dunia.

8 komentar:

Jangan lupa komentarnya, tetapi dengan bahasa yang sopan.